Jumat, 20 Agustus 2010

ingat Allah

Ingat, Apakah anda tahu, Apa yang di maksud dengan ingat ??, kita selalu dengar kata Ingat, apa kah anda juga selalu menggunakan kata ini dlm kehidupan anda ???
tahukah anda apa yang hrs anda ingat ???
kalau kita disuruh ingat, artinya kita pernah berjumpa, atau paling tidak kita pernah mengetahui sebelumnya, itulah sebab kita bisa ingat, intinya adalah setelah kita mengetahui barulah kita dapat mengingat, nah... skrng apakah anda ingat dengan allah SWT sebagai tuhan seru sekalian alam??? lalu apa nya yang anda ingat ?? apakah ciptaannya ??? seperti yang di lakukan agama lain???? saya yakin anda tidak demikian, benarkah ????
nah untuk itu saya akan mengupas tentang ingat kita kepada allah, dalam al quran di sebutkan, zikrullah hu akbar, yaitu mengingat allah adalah pekerjaan yang besar, atau "ingatlah allah, siapa yang ingat allah, niscaya mempunyai hati yang tenang" banyak dlm al quran di sebutkan kata ingat, lalu bagai mana cara kita mengingat ???
untuk urusan ini, ingat itu dapat di bedakan kepada 3 tingkatan pengamalan.

1. tingkat syariat, tingkatan ini di sebutkan sebagai tingkat yang pertama, di mana semua orang harus meyakini bahwa allah itu maha segala sesuatu, dan terus mengingat bahwa allah terus menerus memelihara hambanya, dengan ingatan bahwa allah maha melihat dan memelihara, maha menjadikan, maha dari segala sesuatu, dan segala sesuatu semata-mata karna allah, itu sudah berarti dia sudah mengingat allah.

2. Tingkat Sufi/Tarikat, tingkatan ini adalah tingkatan bagi golongan orang yang meyakini bahwa tingkatan pertama tidak lah cukup, maka orang yang pada tingkat ini melakukan pengkajian diri sebagai langkah untuk mengenal tuhannya, terus menuntut ilmu,lebih banyak beramal melalui dzikir, dngn banyak menyebut asma allah, sehingga  timbullah pada dirinya keyakinan yang luar biasa, merasa lebih dekat dengan allah, dan ingatannya ada pada hatinya, yaitu terus menyebut nama Allah, keyakinannya di sebut ainul yakin

3. Tingkatan Tauhid, tingkatan ini adalah puncak dari tingkatan yang kedua, sampai pada tingkatan ini, sudah berarti bahwa keyakinannya kepada allah tiada batas, ingatan orang yang sampai pada tahap ini adalah mengingat Zat Allah, ini lah amalan bagi tuan-tuan guru, sheikh dan aulia-aulia, ketika sampai tahap ini, maka orang yang menjalani kehidupan dunia, akan merasa hidup di sisi Allah, tiada kesusahan dlam menjalani kehidupan, tingkat keyakinannya di sebut Haqul Yakin

sampai di sini dulu kajian ingat kepada allah
mudah mudahan penjabaran saya ini dapat di pahami
wasalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar